Panen Alpukat Bersama Teman Baru (a.k.a Juragan Kelinci)

Tuesday, March 20, 2012
minggu siang itu, mendung mulai meggelanyuti langit sleman..
saya bersiap melajukan motor kesayangan ke arah timur kota jogja, daerah Kalasan,  sambil senyum-senyum sendiri membayangkan kebun alpukat. siang ini memang rencananya saya akan ikut panen alpukat bersama seorang teman baru. terdengar agak "ndeso", tapi sebelumnya saya memang belum pernah panen langsung buah favorit saya yang satu ini. melihat bentuk pohonnya tentunya sudah pernah beberapa kali di daerah Kaliurang. terbayang pohonnya tidak terlalu tinggi dengan ukuran batang yang ramping dan buah yang menggantung dengan ukuran sedang.

tarara rara.. ternyata yang saya bayangkan jauh berneda dengan yang pernah saya lihat di Kaliurang. pohon alpukat yang siap panen dihadapan saya ini tinggi besar dan sangat lebat buahnya. mantabb... pemiliknya bernama Mas Hadi. menurut cerita yang saya dengar, (menguping pembicaraan Mas Hadi dengan teman saya si Juragan Kelinci, hehe) pohon alpukat yang sudah tinggi menjulang dan dipenuhi buah ini ditanam Mas Hadi dan kakaknya saat mereka masih kecil. pertama kalinya pohon berbuah setelah tujuh tahun ditanam. wahhh lama sekali, ya.. pohon alpukat ini bisa diibaratkan seperti saksi bisu bagi tiap memori yang tergores di keluarga mas Hadi.
-pohon buah alpukat jenis mentega-

mata saya masih enggan berkedip melihat betapa rimbun buahnya. tapi, karena pohonnya cukup tinggi, jadilah "si genter" yang beraksi. Mas Juragan Kelinci yang sudah mahir memanen buah alpukat mulai memicingkan mata untuk mencari target operasi dengan bantuan sebilah pisau yang diikatkan diujung bambu panjang. jret jret dbug dbug, jret dbug.. satu persatu buah yang bernama latin Persea americana mill atau Persea gratissima gaerth jatuh (btw, sesuai, ya nama ilmiahnya dengan alpukat-alpukat yang saya panen ini,, gratis.. hehehe). tugas saya hanya memunguti alpukat yang sudah berhasil jatuh dengan mata berbinar-binar membayangkan rasanya saat matang nanti, hehe.

buah alpukat ini memang dipanen dalam kondisi masih mentah, asalakan sudah cukup tua. oleh karenanya usahakan daging buahnya tetap utuh saat dipanen agar dapat matang nantinya. untuk mebuatnya matang cukup disimpan dalam kondisi tertutup rapat atau disimpan di dalam beras, maka dalam waktu kurang lebih sebulan, ups maksud saya seminggu, buahnya akan matang dengan sempurna. tanaman alpukat itu sendiri sebenarnya berasal dari Amerika tengah dan sekitar tahun 1930-an Indonesia sengaja memasukkan varietas-varietas unggul darri Amerika Tengah dan Amerika Serikat dengan tujuan perbaikan gizi bagi masyarakat.
nih lihat hasil panen kami..
-hasil panen buah alpukat yang masih mentah-

mendung semakin tebal, angin yang sepoi-sepoi bertiup makin kencang, panen alpukat hari itu bersama Mas Juragan Kelinci dan Mas Hadi sangat menyenagkan. terimakasih Mas Juragan Kelinci dan Mas Hadi, alpukatnya enak sekali.. ^^

nah sekarang saya akan berbagi manfaat buah alpukat khususnya bagi kaum Venus

oh iya,, tanaman alpukat ini ternyata punya banyak manfaat lho.. tidak cuma daging buahnya yang bermanfaat, daunnya pun memiliki manfaat untuk pengobatan tradisional batu ginjal dan rematik. bahkan serbuk bijinya sedang diteliti khasiatnya dalam hal menurunkan kadar glukosa darah. Alpukat banyak mengandung vitamin A, C dan E, zat besi, potassium, niasin, asam pantotenik serta protein yang tidak terdapat dalam buah yang lainnya. oleh karena itulah daging buahnya sering dimanfaatkan untuk kosmetik dan dipercaya dapat merawat kelembutan kulit. 

untuk kaum wanita..  memanfaatkan alpukat untuk merawat kulit wajah secara alami bisa dilakukan dengan cara yang mudah, lho.. salah satunya dengan membuat masker sendiri di rumah.. masker merupakan salah satu cara merawat kulit wajah yang cukup praktis. perawatan wajah tidak harus malah dan menghabiskan waktu ke salon kecantikan atau spa. perawatan dan spa tradisional bisa dilakukan dirumah. silakan disimak langkah-langkah berikut ini ^^ :
 
bahan: daging buah alpukat, madu, plain yoghurt, ketimun, aroma terapi/ lilin aroma
cara membuatnya mudah; 1) tumbuk daging buah alpukat di dalam mangkuk 2) tambahkan madu secukupnya; madu berfungsi sebagai pembunuh bakteri, membuat wajah tampak lebih muda dan megurangi inflamasi aduk rata 3) tambahkan plain yoghurt yang berfungsi mengencangkan dan melembabkan kulit serta membersihkan pori-pori 4) cuci wajah dengan air hangat 5) oleskan campuran masker tersebut ke seluruh wajah dan leher sampai merata 6) irsan mentimun yang membulat diletakkan di kedua kelopak mata untuk memberi relaksasi dan berfungsi mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata 7) relaksasikan pikiran dan tubuh dengan wewangian seperti aroma terapi dan musik-musik beralunan slow  8) tunggu sekitar 15-20 menit  9) setelah itu, basuh wajah dan leher dengan air hangat. 
selamat mencoba.. 

6 comments:

Anonymous at: March 20, 2012 at 7:24 AM said...

nambahin aja manfaat alpukat buat kaum mars :
1. bikin perut kenyang
2. kalo dibikin jus bikin ketagihan
3. bijinya bisa buat mbalang ayam/anjing/ kucing yg nakal
hehehehe...

gak percaya???bisa langsung dipraktekkan...
(gak perlu pake penelitian ato survey2 an, ^_^)

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: March 20, 2012 at 7:39 AM said...

emang bikin jus ya kemaren? pake apa? sendal? heheheeee *ngece anak kos

Anonymous at: March 20, 2012 at 8:07 AM said...

wah ngece tenan kie... tp pancen gak duwe blender...bikin jusnya pake sendok, hehehe...yg penting enak...^_^

{ taman kelinci bolt } at: March 20, 2012 at 6:24 PM said...

hu um, enaaak.. hehe.. makaci ya alpukatnyaaa... :D

kalo aku alpukatnya aku kerok, trus taroh ke gelas, masukin gula pasir, dijojoh pake sendok ampe lembut n gulanya nyampur..trus dimamam.. ho enak.. hihhihi

kulit alpukatnya aku pake buat manguk maemnya si flapper, ahaha..

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: March 20, 2012 at 8:58 PM said...

mas Anonim : iya khan.. paling2 numpang blender di warung sebelah dengan kedok mesem2 karo sik duwe warung.. kedip2 mata.. njuk,, mbak,, pinjem blender boleh?? hehehe

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: March 20, 2012 at 8:59 PM said...

mbk TKB : hihihi bahkan kulit alpukatnya bisa bermanfaat untuk kelincinya ya.. horeee.. mari kpn2 kita cobain maskernya..^^

my favorite song