Refreshing dengan Bunga "Anonim" bersama Sahabat

Tuesday, March 20, 2012
Minggu pagi yang cerah.. aku dan sahabatku, nama disamarkan menjadi Eyo mencoba mencari peruntungan di pasar tiban Sunday Morning alias SunMor sepanjang jalan kampus UGM. Termos nasi yang kami isi penuh dengan cup-cup puding cokelat dan nampan plastik berisi roti bakar yang juga rasa cokelat siap beredar. Dengan semangat membara kami "mengasongkan" dagangan kami (mengasongkan?? bener gak ya kata-katanya...ckck). Belum berapa lama beredar dan menyerukan jenis dagangan dengan suara yang keras tapi pelan (lhoh,, gimana sih?? baca:  dengan suara yang ragu-ragu setengah PD), kami lupa dengan fokus utama. Apa yang terjadi?? Kami asik mengamati dagangan yang dijual sepanjang jalan SunMor. Wuidih.. isinya malah cuma mupeng. Celengan lucu-lucu, cemilan jamur, tahu sumedang, tahu petis, nyam-nyam, hmm masih ada juga tas-tas lucu, sendal-sepatu murmer, jilbab, dannnn banyak lagi. apa mau dikata, biasanya kami berdua ini pengunjung di SunMor dan kali ini kami harus telan ludah dan fokus pada apa yang kami jual. (nyesek tapi tetep maksa senyum nawarin dagangan).

Udah-udah jangan tanya atau pengen tau dagangan kita laku berapa. Stop, stop, kita alih pembicaraan saja, ya (hihihihiiii, jadi malu). Tapi yang terpenting kami bisa mengambil hikmah dari langkah awal pencapaian ini. Tidak peduli berapa hasilnya. Hmm sebenernya si peduli, tapi tiba-tiba Om Mario Super Teguh merasuki kami berdua dan membisikkan; "Hmm … seandainya kita lebih sering membayangkan hasil baik dari upaya kita, daripada menggelisahkan kemungkinan buruk, mungkin akan lebih banyak orang yang kita termui, dan lebih banyak pekerjaan yang kita coba. Tuhan tidak merencanakan kita gagal", oke.. pelajaran hari ini menjadi peristiwa yang besar dan menbangun pola pikir kami jadi lebih baik, amin (hayo,, pada penasaran, ya apa yang terjadi dengan dagangan kami?? hehehe, rahasiaaa... hehe).

Badan sudah berlumur keringat, cacing-cacing di perut ketuk-ketuk pintu sambil ngomel-ngomel, akhirnya kami memutuskan istirahat sejenak di taman utara Gedung Pusat UGM. Tidak terlalu ramai, dan tenang. Sambil menikmati puding dan roti tawar dagangan (lhoh, kok dimankan sendiri?? hehehe ya namanya juga usaha,, usaha menenangkan cacing-cacing diperut) kami sibuk mengamati tingkah laku kegiatan orang-orang disekitar sambil mengomentarinya (wah, parah.. tidak patut ditiru, hehe). 

-ada yang bersepeda, duduk-duduk dibawah kanopi, bahkan ada yang sedang sesi pemotretan, hehe-

-saling asik bercengkrama dengan keluarga-

Ditengah asik mengobrol tapi pikiran sedang jauh menembus asa (baca : mbatin usaha dagang hari ini), pandanganku mampir ke sudut utara gedung. Hutan UGM itu masih sama seperti dulu. Terakhir aku duduk-duduk dan menikmati hawa Gedung Pusat seperti ini kalau tidak salah saat aku duduk di bangku SMP. Sudah lama sekali berlalu, tapi ingatan itu muncul sangat jelas di benakku. Aku, adik, ibu dan ayah bersepeda dari rumah dan piknik di Gedung Pusat. Menikmati udara yang sejuk, mengamati orang bersepeda, bermain skateboard, sepatu roda, dan arena tamia, sudah lamaaa sekali (jadi rindu masa-masa itu). Kalau ibu masih ada, mungkin kegiatan itu bisa dilakukan kembali. Aku ingat sekali cerita-cerita ibu, dulu ibuku saat mengandungku selalu mengajak ayah jalan-jalan di lingkungan UGM dengan harapan kelak anaknya bisa kuliah di UGM. Cita dan harapan itu telah terwujud, namun ibu justru tidak sempat merasakannya (wah, mulai ngelantur ini lamunanku, mari kita kembali ke Gedung Pusat).

Lamunan buyar saat melihat pohon bunga di batas pagar hutan UGM yang daun dan bunganya rimbun menjulur ke area taman. Tanaman itu masih ada, dan masih sama. Tanaman yang aku dan Eyo tidak tau namanya. Tanaman yang kami anggap bunganya tidak cantik dan justru menyerupai daun hanya saja berwarna pink dan putih, tumbuh rimbun dan "ngrembuyung". Mau lihat seperti apa tanamanya? Ini dia... jreng jreng..


-Adakah yang tau tanaman berbungan daun ini apa namanya??-

Wah,, daripada duduk berdiam diri dan melamun saja, MarKiFot.. alias mari kita foto-foto!! Dengan kamera hp seadanya, jadilah dua orang yang semula engggan tersenyum ini memanfaatkan tanaman berbunga daun yang baru saja dicelanya habis-habisan sebagai background berfoto ria. Tak apalah kali ini menjadi edisi narsisme.
jpret jpret,, crik crik...
kiri dikit,, geser geser
kanan, kanan, maju maju, stop..
mundur dikit...
yak sip..  jprettt (ini tukang foto apa tukang parkir, ya??)

-nampang duluuu,, posee-

-aku dan sahabatku, Eyo-


-pohon ini bagus juga kalau di foto ^^-

Ternyata benar, dont judge the book from this cover, nyatanya setelah puas mengumpat pohon berbunga daun yang anonim ini, kami malah asik berpose dan berfoto ria dibawahnya. Kalau diamat-amati, bunga ini ternyata indah juga (sambil minta maaf ke bunga anonim itu karena sudah mencela..)

Kalau bisa dibilang, ajang-foto-foto dan narsism ini sedikit membuang kepenatan dan merefresh diri dan pikiran, lho. Menjadi pilihan yang simple dan mudah. Bagi kalian yang berdomisili Yogyakarta dan sedang bingung untuk menghabiskan weekend dimana, datang saja ke taman utara Gedung Pusat UGM. Banyak hal yang bisa dilakukan disana, seperti; olahraga, foto-foto, sekedar mengobrol, baca buku, bermain bersama hewan kesayangan (rencana selanjutnya adalah membawa Flepper-kelinci Eyo bermain di rerumputan yang ada di sana), gathering bersama teman atau komunitas, wah masih banyak lagi yang bisa dilakukan di sana. Yang terpenting, tetap jaga kebersihan, ya Kawan.. Selamat bersenang-senang.

pesan sponsor: 
BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA
JAGALAH KEBERSIHAN, KAWAN.. ^^
salam unyu-unyu..

8 comments:

{ taman kelinci bolt } at: March 21, 2012 at 4:40 AM said...

hari yg gokil, campur aduk, hehe..
bunga jadul yg kita anggep biasa aja itu ternyata baguuuusss yaaa... #terharu ma tu bunga.. xixixiiii...

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: March 21, 2012 at 4:44 AM said...

mbk TKB : iya nie.. terharu ma thu bunga.. tapi ampe sekarang gak tau namanya.. bapakku juga gak tau namanya,, hehe misterius

Anonymous at: March 21, 2012 at 7:32 AM said...

speechless...
kalo utk maslah alpukat bs tau manfaat mpe nama latinnya...giliran gak berbau makanan, nama ndesonya aja gak tau...hehehe..
*sama...ane jg gak tau kok...
kabouuurrrrrrrrrr....

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: March 21, 2012 at 7:40 AM said...

mas Anonim: speechless knp mas??
hehe iya ig bener banget, kok bisa gt ya aku.. woohhh kirain tau.. tapi pernah liat kan tanaman itu?

Anonymous at: March 23, 2012 at 9:52 PM said...

pernah kok... tanaman tu banyak tumbuh dimana2...apalagi di UGM, kayake hampir disetiap sudut ada. tp aku jg gak tau namanya apa,hehehe

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: March 23, 2012 at 9:56 PM said...

wah ternyata tanaman super jadul di desa2 itu banyak di sudut UGM ya.. harusnya yg tersebar disudut2 UGm ki tanaman buah ae, misal alpukat, mangga, jambu, kan malah enak tho,, hehe

{ ajisakajawa } at: April 8, 2012 at 1:05 AM said...

tp kalo buah durian yo berbahaya...kalo jth gmn jal...?
btw, nntn foto bunganya lmyn...
tp nonton modelnya kok tampang2 belum pada mandi ya?hehehehe...

*ngumpet dulu ah...

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: April 8, 2012 at 1:26 AM said...

wah enak kl ada buah durian, jadi sering bahaya jadi sering diliburkan kuliahnya.. yihaaaa.. hehe *rakmutu

wohh jiannn.. jangan dipandangi terus mas fotonya ntar kena pelet.. haha

my favorite song