Serukan Pernikahanmu lewat Cyberspace

Tuesday, February 12, 2013

Pernah dengar penggalan lirik lagu ini?

Di dekatnya aku lebih tenang..
Bersamanya jalan lebih terang…
Hooo oo..
Tetaplah bersamaku, jadi teman hidupku..
Berdua kita hadapi dunia..
Kau milik-ku milik-mu, kita satukan tuju..
Bersama arungi derasnya waktu..
Kau milik-ku.. Ku milik-mu..

Lagu berjudul “Teman Hidup” milik Tulus ini liriknya sangat dalam, guys. Menemukan belahan jiwa, sebuah penantian bagi setiap mereka yang ingin merajut asa dalam sebuah ikatan yang disebut pernikahan.  Termasuk saya yang belum menikah. Keputusan menikah buat saya adalah salah satu keputusan paling berani dalam hidup.


Saya-pun punya sebuah impian dalam pernikahan saya kelak. Sebuah pesta pernikahan sederhana di alam terbuka dimana para tamu undangan bisa leluasa menghirup segaranya bau tanah dan udara pedesaan. Bercengkrama dengan para tamu undangan; keluarga dekat dan sahabat sambil menikmati alunan musik jazz atau akustikan.  Yah, sebuah impian..

Acara pesta pernikahan adalah sebuah ritual dimana banyak hal yang perlu dipersiapkan, dari mulai hal yang sangat penting hingga prekete-prekete yang mungkin sebenarnya kurang penting. Yah itulah pernikahan, meresmikan sebuah hubungan dengan “teman seumur hidup”.

Awal perhelatan, undangan menjadi hal yang penting, karena para tamu adalah mereka yang spesial yang akan datang memancarkan ekspresi bahagia dan memanjatkan beribu doa untuk kedua mempelai, jadi sebuah penghargaan bagi mereka jika pemilik pesta memberikan yang terbaik bagi para tamu istimewanya. Sudah kah terpikir undangan semacam apa yang ingin disampaikan untuk para tamu spesial ini? Bicara soal undangan jadi teringat trend yang sedang marak saat ini. Mengundang rekan melalui jejaring sosial. Dulu, undangan dipersiapkan sedemikian rupa dan menjadi wajah sosial pemilik hajatan. Semakin mewah pestanya, semakin cantik dan heboh pula undangannya. Beribu-ribu eksemplar dicetak untuk mengumumkan berita suka-cita. Pernahkah terpikir kemana berakhirnya lembar-lembar undangan itu? Macam-macam, Cin. Langsung buang? Terselip entah dimana bahkan sebelum acara tersebut digelar? Ayahku sendiri salah satu yang iseng mengumpulkan undangan-undangan pernikahan dalam sebuah box sepatu bekas, entah apa tujuannya, hmm tapi, ya hanya teronggok begitu saja di bawah kolong tempat tidur.

Undangan pernikahan online? Salah satu pilihan menjawab sebuah pergerakan teknologi cyberspace. Cyberspace, keberadaanya antara ada dan tiada, sebuah ruang imajiner yang memberi banyak jawaban kepraktisan kehidupan sosial untuk segala hal saat ini. Sehingga dalam konteks yang tepat, memang dibutuhkan suatu media yang tepat yang mampu mengakomodir keinginan mempelai untuk mengabarkan berita bahagianya  melalui dunia maya secara menarik.


Untuk kalangan anak muda, undangan pernikahan online kebanyakan sudah dapat diterima dengan senyuman. Lewat segala macam jejaring sosial seperti facebook, twitter, bahkan website sudah menjadi lumrah dan justru tampak keren. Menurut beberapa teman, undangan pernikahan online justru memberi kesan simple, praktis dan hemat. Selama pesannya tersampaikan dengan baik, undangan pernikahan online menjadi pilihan tepat. Selain itu, undangan pernikahan online memang terbukti  mampu mendobrak tingkat khayal yang super tinggi, dimana segala bentuk yang diinginkan yang tidak dapat diwujudkan dalam eksemplar-eksemplar undangan cetak bisa di realisasikan dalam sebuah undangan pernikahan online. Sesuai dengan realitas dunia cyberspace, ruang imajiner yang nyata. Namun, apakah semua sasaran tamu undangan kita merupakan pengguna jejaring sosial online? Inilah kelemahannya, para sesepuh dan kerabat yang mungkin tidak mengenal jejaring sosial  online bukanlah sasarannya. Mereka masih menganggap cyberspace merupakan batas antara wangun dan ora wangun, atau pantas dan kurang pantas.

Apapun undangannya, tujuan dari sebuah undangan pernikahan adalah sebuah harapan tulus dari kedua mempelai  agar yang diundang bersedia datang untuk ikut berbahagia dan sebuah ucapan syukur dari kedua pasangan yang pada hari itu memulai menapaki hari baru bersama. Huaaa… doakan saya segera   menemukan "soulmate" yang masih entah dimana keberadaanya dan memesan undangan pernikahan saya sendiri, hehe.  

gambar diambil dari koleksi pribadi, www.datangya.com , dan www.favim.com dengan editing

30 comments:

Anonymous at: February 13, 2013 at 12:55 AM said...

nice post

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 13, 2013 at 1:39 AM said...

terimakasih.. ^^

dian du dian at: February 13, 2013 at 4:24 AM said...

mantapp, iya juga ya, lebih praktiss.. untuk teman yang tempatnya jauh bisa membantu bgt.. xixii.. ^.^v, tapi buat yang muda2 atau teman yg gaol ea cyiin.. hyuk capcyus.. ditunggu ea undangan penikahan onlinenya..*lhoh *aamiiin.. hehe..

{ Unknown } at: February 13, 2013 at 4:27 AM said...

yang muda yang membahana nih..
keren, sobb, hoho :)

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 13, 2013 at 4:36 AM said...

@dian du dian : bener banget.. kalau untuk yang gaul-gaul gitu cocok banget ya.. bisa variatif juga kan tema undangannya.. foto pre-wed nya bisa kepakek dengan maksimal kan ya.. narsis gak berakhir di tempat sampah, hehe

amin.. doakan ya.. hehe

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 13, 2013 at 4:37 AM said...

@valentian sidik : makasih mas bro.. ^^

{ aes578 } at: February 13, 2013 at 7:06 AM said...

Amin. Semoga segera menemukan 'soulmate'. Dan semoga sukses.
Ditunggu kunjungan baliknya di http://aes-578.blogspot.com/2013/02/undangan-pernikahan-online.html
Hehehehe....

{ TONGKONANKU } at: February 13, 2013 at 7:17 AM said...

Nanti kalau saya nikah, saya mau pake undangan pernikahan online. :D

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 13, 2013 at 7:21 AM said...

@aes578: iya.. amin.. terimakasih.. siap.. segera mampir..

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 13, 2013 at 7:22 AM said...

@Tongkonanku : wah mantab,, pilihan yang tepat di era yang sekarang ini.. saya juga pengen kok.. hehe
terimakasih sudah komen..

{ Farichatuljannah } at: February 13, 2013 at 6:40 PM said...

Hello :-) Kunjungan balik.
Wow ini juga tulisan yang simple dan menarik sekali :-)
Good Luck yaaaah....

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 13, 2013 at 11:33 PM said...

@icha: salam kenal..
terimakasih sudah berkunjung..
good luck juga ya.. ^^

{ David Kurniawan } at: February 14, 2013 at 2:26 AM said...

bagus2,,,,,,,,,,,,

Anonymous at: February 14, 2013 at 2:29 AM said...

simpel, praktis, en ... hemat juga yah, kl pake undangan pernikahan online. nice post ;)

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 14, 2013 at 2:34 AM said...

@david kurniawan : terimakasih mas..

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 14, 2013 at 2:35 AM said...

@safiraafsantin : hehe.. iya bener banget mbak.. lebih praktis dan hemat.. bisa explore sesuka kita juga.. jadi bisa pake fto2 pre-wednya dengan max..
makasih sudah mampir.. ^^

{ ajisakajawa } at: February 14, 2013 at 3:18 PM said...

mantappp nih...
kayaknya lagi rame banyak pengunjung...buka lapak ahhh....

es teh, es campur, es jeruk...
tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng...

monggo2 diborong, dijamin maknyuzzz...

harga diskon khusus untuk pemegang kartu anggota AFC ^_^

whe, lhadalah...tuan rumahnya dateng...
**ampyun bu guru, cma numpang buka angkringan disini ^_^

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 15, 2013 at 2:01 AM said...

@ajisaka: hahaha.. pak guru, boleh buka lapak, asal ada kontribusinya.. yaitu bikin undangan online di datangya.com , oke? hahaha..
makasih sudah mampir mas..

{ myra } at: February 15, 2013 at 6:33 AM said...

ke depannya bakal banyak yg pk undangan online kayaknya :)

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 15, 2013 at 7:06 PM said...

@myra : yoi.. undangan online lebih praktis ya mbak.. dan lebih simple.. gak ribet2..
good luck..
salam kenal..

{ itenx } at: February 16, 2013 at 12:02 AM said...

insipiratif untuk kita yang baru dan sedang merencanakan sebuah hari istimewa , benar undangan menjadi hal penting pertama dalam sebuah acara yang perlu dihadiri banyak orang , pernikahan jadi salah satu acara wajib yang memakai undangan ,,,,
saya tertarik dengan kalimat " Pernahkah terpikir kemana berakhirnya lembar-lembar undangan itu? Macam-macam, Cin. Langsung buang? Terselip entah dimana bahkan sebelum acara tersebut digelar"
mengingatkan kita untuk berfikir kembali fungsi sebenarnya undangan , banyak cara lebih modern seperti online , tapi kalo untuk orang penting jangan dulu ya.takut dibilang gak sopan,,
sekedar mengingatkan untuk yang beragama muslim, diagama kita betapa pentingnya tulisan arab , nah pati juga kita pernah menemukan undangan yang ada huruf arbnya sepert kata " bismillah" dll,tapi pernahkah kita berfikir jika undangan itu selesai dibaca, ditaruh begitu saja , dibuang , bahkan diinjak ,,,alangkah lebih baiknya menggunakan kata bahasa indonesia ,,

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 16, 2013 at 2:17 AM said...

@itenx : terimakasih sudah mampir, mas..
betul sekali.. selama tepat sasaran sepertinya undangan online menjadi pilihan yang menarik, ya..
wah, malah tidak terpikir soal itu.. benar juga, dari pada berlembar-lembar tulisan yang ada ayat Al Qurannya itu hanya terinjak2 dan dibuang mendingan pakai undangan online atau bahasa indonesia saja, ya..
sipp...^^

{ chiliqueen } at: February 17, 2013 at 4:31 AM said...

amin. semoga segera dtg belahan jiwanya, dan sedang membaca tulisan Yena... :-)
salam kenal ya
silahkan ngulik blog Q1t4 ya, di link http://blogq1t4.blogspot.com/2013/02/pernikahan-merupakan-sebuah-moment-yang.html
good luck....

inchan_cute at: February 17, 2013 at 9:24 PM said...

waahhh...g kepikiran nih selama ini (kemana aja yak ^^). boleh banget dipraktekin,jadi kan lebih hemat kertas, go green gitu,, dan nggak nyampah (inget tumpukan undangan nikah untuk bapak ibu di rumah yang ntah kalo dikumpulin dapet berapa kardus, #edisi lebay dikit) capcus nuju TKP deh,, sekalian liat referensi... maacih mba yeye atas inspirasinyahh...

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 18, 2013 at 2:38 AM said...

@chiliqueen : amin mbak.. sip.. hehe segera mampir..
makasih sudah mampir.. salam kenal juga ya.. ^^

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 18, 2013 at 2:43 AM said...

@inchan_cute : makasih sudah mampir.. iya, monggo mampir ke datangya.com salah satu referensi buat pilih2 dan pesan undangan pernikahan online.. sip2..

Anonymous at: February 18, 2013 at 9:57 PM said...

Baguuuss mba yee tulisannya, pas bgt niih buat yg mau menghemat biaya nikah (termasuk aku)hehehe,,*ngarep.com..:D

-fiet-

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 18, 2013 at 10:14 PM said...

@fiet: makasih udah mampir, fiet.. iya, bisa thu jadi pilihan untuk ngundang temen yang sebaya dengan kita pakai undangan pernikahan online..lebih hemat cek aja di datangya.com

{ ajisakajawa } at: February 19, 2013 at 9:04 PM said...

wuih...ruame yang komen...
wah...berat ki syaratnya...
coba ntar deh mbak...semoga ketemu mood buat nulisnya...^_^

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: February 20, 2013 at 1:09 AM said...

@ajisakajawa: berat pie mas..??
iya ni rame, hayook hayook..
ayo mas diupload aja tulisane.. tak tunggu lho.. hehe

my favorite song