Dear Diary...

Monday, September 24, 2012
buku diary dari masa ke masa..
Apakah kalian termasuk orang yang suka menulis diary atau buku harian? Aku adalah salah satu yang sangat suka menulis diary atau buku harian. Setelah kuingat-ingat, aku punya beberapa generasi buku harian (ce ileee udah kayak anak aja ada generasinya..).

Tiap masa pun mengalami perubahan cara mengisi dan kontenya. Waktu beberapa bulan lalu menemukan buku harian jaman kelas 3 SD (digambar paling atas sebelah kiri, yang gambarnya kelinci melet, hehe), gak berhenti ngakak ketawa-ketiwi sendiri dengan segala keanehan yang udah aku lakuin. Dulu jaman SD, sekitar tahun 1995 mengisi diary bukanlah menceritakan apa-apa yang aku alami sehari-hari atau istilahnya curhat. Lucunya, dijamanku itu mengisi diary adalah saling bertukar informasi atau biodata dengan sesama teman seperti; nama lengkap, nama panggilan, alamat, tempat tanggal lahir, hobi, makanan favorit, minuman favorit (kadang disingkat dengan mafa-mifa, hehe), pesan, pantun dan lain-lain. Aneh deh kalau dibaca sekarang, soalnya data-data itu bahkan kadang kita udah tau tapi sengaja minta teman atau sahabat kita menuliskannya kembali di buku diary. Aku jadi ingat, perjuanganku mendapatkan diary adalah perjuangan berjanji pada ibu mendapat nilai rapor yang baik (gak sebanding banget sama harga thu buku diary). 

Lain SD lain SMP. Jaman SMP aku memperjuangkan sebuah buku harian yang kala itu populer dengan nama organiser atau bahasa beken dikalangan anak SMP-nya adalah "Orji", dengan memohon-mohon pada ibu. Karena waktu penerimaan rapor yang masih jauh, jadi bela-belain nabung buat beli ni orji. Harganya kalau gak salah Rp 40.000,-. Termasuk mahal  di jaman SMP udah pengen barang seharga itu yang fungsinya cuma buat curhat. Bisa dibilang agak lebai si, tapi pas akhirnya thu orji kebeli, rasanya senengggg bukan kepalang. Tiap berangkat sekolah, di dalem kelas, pulang sekolah naek angkot yang diinget cuma thu orji. 
buku diary yang paling kusayang ^^
isi buku harianku.. ada foto-foto masa  SMA juga..
Dulu barang ini sempet sold-out di pasaran, sampai-sampai aku mendapatkannya lewat nitip seorang teman, jadi gak bisa pilih gambar depannya. Hanya saja warna hijau menjadi pilihanku karena waktu itu hijua adalah warna favoritku. Kalau orji ini fungsinya bener-bener buat curhat. Bertahan sampai saat ini dan kalau lagi galau aku suka baca isinya dari halaman depan (curhatan jaman SMP) biar bisa ketawa-ketiwi. Di orji itu tadinya ada gantungan batu bentuk ikan lumba-lumba (beli di Bali waktu studytour), tapi saking udah lamanya thu lumba-lumba tinggal badan tengahnya aja, hehe

Hampir semua kejadian dalam hidupku dari mulai SMP sampai awal-awal kuliah terekam di diary hijau itu. Sampai akhirnya generasi berikutnya muncul. Next Generation adalah buku harian sahabat. Persahabatan tiga cewek dentistry yang masih labil dan penuh letupan emosi (buahahahaa, bahasanya agak aneh, ya..). Kami bertiga nemuin sebuah buku harian lucu yang akhirnya sepakat mengisinya bergiliran sebagai diary sisterhood ceritanya, hehe ^^


ini dia diary sisterhood kami.. lucu ya..
Diary ini sempat lenyap beberapa waktu. Ditelan kesibukan kita masing-masing dan sempat ditelan oleh kamar kos salah seorang temanku (maksudnya ketlingsut, hehe) tapi akhirnya ketemu lagi. Apa sih yang sibuk diceritakan di dalam buku curhat ini? Sebenarnya standar si, soal cowo gebetan kami (ups..), cowo kami (awawawaw..), nggosipin teman, sampai tentang pencapaian-pencapaian hidup dan impian.   

Balik lagi ke buku curhatku. Orji hijau masih tersimpan dengan baik, sampai disuatu waktu aku pengen punya diary lagi yang lebih dewasa gitu tampilannya, dan akhirnya aku nemuin diary lucu yang lebih wise gitu tampilannya (ahh yang ini palsu,,, diary terbaru gak jauh dari unyu dan kekanak-kanakan).

diaryku sekarang.. tetap unyu, hiduppp unyuu..
Nah, meskipun si hijau orji tetap ku gunakan, tapi sekarang ada tempat curhat lain yang walaupun tampilannya unyu tapi kalau dibaca-baca hal yang dicurhatin udah bukan hal-hal unyu ala anak ababil lagi, udah penuh dengan hal-hal serius (mulai serius... buahahaha).

Bagiku diary atau buku harian adalah simbol bisu yang suatu saat kelak akan menjadi "karpet terbang" yang siap membawa kita menjelajahi masa lalu. 

Apakah kalian juga suka menulis diary??

8 comments:

{ ajisakajawa } at: September 24, 2012 at 2:17 AM said...

ane juga suka nulis diary mbak..^_^
tp ane lbh suka nyebutnya " Journal"
awalnya gara2 terinspirasi buku Sean covey tntg " 7habits for teens ".
abis baca tu buku, ane langsung beli buku tulis yg tebel (isi 80 lembar)buat dijadiin diary/journal.
konyol ya??? emang iya,hehehe...
dulu hampir tiap hari nulis, tp skrng dah rada males. paling seminggu sekali doank..^_^

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: September 24, 2012 at 2:32 AM said...

ohh iya mas, aku juga pernah denger tentang buku itu.. wes, keren disebut journal ya.. hehe itu lebih keren ketimbang buku diary.. hehe

udah berapa lama thu mas ngelkuin habit itu? jgn2 udah ganti buku beberapa kali ya?

{ ajisakajawa } at: September 24, 2012 at 2:59 AM said...

tu cuma sebutan aja mbak...tp esensinya sama sih..tentang curahan hati, mimpi, harapan, & cita2.
sejak kpn ya? barusan tak liat tulisan pertamaku tertanggal 02/12/2006,hehehe... sekarang dah ganti buku 3x mbak, tp gak serajin dulu nulisnya. kan sebagian dah pindah ke DD = Diary Digital alias blog, ^_^)

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: September 24, 2012 at 8:12 AM said...

hooo jadi yang di blog termasuk curhatan ya? hahaahaa... wah keren mas.. udah ampe 3 buku.. mantabb..ak mbalah sekarang dah jarang nulis gara2 terlalu galau, jadi ampe bingung mau nulis apa.. haha

{ ajisakajawa } at: September 24, 2012 at 11:10 PM said...

walah...galau jg toh mbak?hohoho...
blogku kan emang blog pribadi mbak...isinya jg gak jauh2 dr cerita sehari2..tp pastinya yang diuplod yang dah melalui badan sensor,hehehe...

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: September 25, 2012 at 10:52 PM said...

haha.. wah asik ya kl kita bisa punya page pribadi dan itu kaya buku harian kita, yg mau masuk musti pake username ama password gt.. jadi gak bakal ilang..

{ ajisakajawa } at: September 26, 2012 at 10:41 AM said...

kalo di wordpress bs kok mbak artikel dikasih password.jadi kalo gak tau passwordnya cm bs liat judulnya aja...

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: September 27, 2012 at 1:12 AM said...

wah,, curang.. mungkin blogspot juga bisa klai ya cm ak gak tau caranya.. hehe

my favorite song