Sudahkah Minum Air Putih Hari Ini?? #Tips&Trick

Thursday, September 27, 2012
Air putih bagi beberapa orang menjadi hal yang dihindari. Bahkan iseng-iseng aku pernah bertanya pada adikku, "Kamu pernah gak seharian sama sekali gak minum air putih?" Jawabanya mencengangkan.. Pernah. What?? Setengah gak percaya sih, masak iya bisa seharian penuh gak menyentuh air tanpa rasa itu. Ternyata itu beneran. Malahan ada beberapa orang yang memang gak doyan sama ni air tanpa rasa.

Indra Bekti, salah satu presenter kenamaan yang juga seleb favoritku gak doyan air putih, bro. Wah, gawat juga, ya kalau ada di taraf yang "tidak doyan". Aku pribadi bukan yang gak doyan sama air putih, tapi rasa malas untuk rutin minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya lebih menang. Setiap hari aku pasti minum air tanpa rasa itu, tapi kuantitasnya patut dipertanyakan, hehe.

Padahal juga udah tau banget manfaat dari minum air putih secara teratur tiap harinya itu sangatlah banyak. Selain menghilangkan dahaga, konsumsi air putih baik untuk metabolisme tubuh, kesegaran kulit, memenuhi ketersediaan cairan tubuh sehingga mencegah hilangnya konsentrasi (wah pantesan aku sering ngalamun dan terbengong-bengong, sambil nguap-nguap, dan akhirnya tidur, hehe). Bahkan dari penelitian-penelitian yang ada menyebutkan konsumsi air putih 8 gelas per-hari memperlancar peredaran darah dan memperlambat kerja karsinogen (zat-zat yang berpotensi menimbulkan kanker). Yah, walaupun semua manfaat itu pastinya tidak langsung terasa di tubuh.

Berarti disini, perlu suatu cara agar minum air putih menjadi sesuatu yang menyenagkan dan menjadi kebiasaan sehari-hari. Ada beberapa tips yang mungkin bisa dicoba (aku sendiri sedang mencobanya, lho..) agar rutin minum air putih setiap harinya.

-Air putih vs Rasa Malas-
Bisa juga ya si setan malas itu merasuki kita buat gak minum air putih? Ow ow ow.. bisa.. Biasanya rasa malas itu timbul karena emang rasa air putih yang gak enak, atau juga karena kita malas ngambilnya. Malas ngambil itu dialami oleh beberapa orang yang aku kenal juga, lho. Mensiasatinya dengan tidak meletakkan sumber air putih di tempat yang jauh dari jangkauan (galon misalnya). 

Galon air biasanya letaknya jauh dari pandangan mata, sehingga kaki malas melangkah kearah sumber air putih ini. Letakkan galon berdekatan dengan gelas bersih dan area yang paling sering dikunjungi. Misalnya kamar tidur menjadi area yang paling sering dihuni di rumah, nah sebisa mungkin galon diletakkan dekat dengan kamar. 





Tatakan gelas juga dapat mensiasati rasa malas kita minum air putih. Kok bisa? Ini sebenarnya pengalaman pribadiku, aku sering malas ambil air putih karena saat aku membawanya ke meja belajar ataupun meletakannya diatas meja airnya tercecer sehingga mengotori meja. Otomatis kalau minum air putih musti ngelapin meja dong.. Pilih tatakan meja yang cute, ya..hehe




Teko plastik yang imut-imut ini ku beli dengan tujuan aku selalu memiliki stok air putih di wadah yang lebih mudah dijangkau mata dan tangan tanpa harus menuju galon atau kulkas. Berhasil, lho. Setelah adanya teko ini aku sehari bisa mengisi ulang teko ini sampai tiga kali. Teko ini selalu kuisi penuh dan kuletakkan di dalam kamar terutama malam hari. Jadi saat rasa haus melanda, dengan mudah aku bisa mendapatkan air putih. (bahasanya kayak jadul gimana gitu eaa.. hehe)







Letakkan selalu gelas berisi air putih di dalam kamar tidurmu. Selain untuk mengatasi dehidrasi, sedia air putih di samping tempat tidur bisa mengatasi kaget setelah terbangun dari mimpi buruk ataupun setelah mengalami tindian, hehe. (dua yang terakhir agak gak ilmiah ea...)












-Rasa yang gak enak-
Mensiasati rasa yang tidak enak dari air putih bisa dengan melakukan hal yang agak konyol dan tempo doeloe, hehe. Pernah minum air putih dari kendi yang terbuat dari tanah liat? Menurut beberapa orang, air yang disimpan dalam kendi tanah liat dan dibiarkan beberapa waktu (misalnya menyimpan hari ini untuk minum besok gitu..) rasanya jauh lebih segar dan enak dibanding air mineral dari pabrik sekalipun. 
kendi dari tanah liat
-Lakukan kebiasaan-kebiasaan baru, daintaranya:
  • Selalu membawa botol minuman berisi air putih kemanapun perginya. Saat sedang sibuk beraktifitas biasanya kita sudah tidak lagi memikirkan rasa minuman yang kita konsumsi, yang terpikir hanya bagaimana menghilangkan rasa dahaga. Jadi dengan membawa botol minum favoritmu akan menanamkan kebiasaan minum air putih dengan teratur.
botol minum favoritku, green..
  • Meletakkan  botol air putih dekat dengan area aktifitas kita. Saat bekerja, saat belajar, saat memasak, kapanpun, dimanapun. Selain itu, membiasakan diri memesan air putih setiap kali kita makan diluar rumah juga menajdi cara yang ampuh.
memilih air putih, better..
  • Last, milikilah mug favoritmu yang membuatmu bersemangat minum air putih tiap kali melihatnya. 
yang mana mug favoritmu?
Selamat mencoba... ^^

2 comments:

{ ajisakajawa } at: September 28, 2012 at 8:54 AM said...

nyumbang tips ah...
utk menghilangkan rasa air pth yg (katanya) gak enak, ikuti tips berikut ini :
*panaskan air putih tersebut
*siapkan kopi T*P,utk mem "Bongkar Kebiasaan Lama" hehehe...
*selanjutnya seduh kopi T*P dg air yg sudah dipanaskan td
* aduk bbrp saat, & rasa air pth pun jd lbh uenakkk...xixixixi...

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: September 28, 2012 at 8:58 PM said...

heh.. merusak tipssss... wagu kui.. ya tapi bener juga si.. kopimu merk kui to mas.. haha, biar suaramu semerdu iwan fals yak e..hehe

my favorite song