Asiknya Membuat Papercraft

Friday, November 16, 2012
Belum lama ini liat acara Hitam-Putih di Trans7, di salah satu sesinya Deddy Corbuzer sebagai pembawa acara menunjukkan sebuah mainan. Mainan yang terbuat dari kertas dan tiga dimensi. Bentuk mainannya menyerupai papaercraft naga, hanya saja kertas yang digunakan untuk membuat mainan itu berupa hologram, jadi saat orang yang melihat ke arah mainan itu menggerakkan kepalanya ke kanan ke kiri, maianan itu juga seakan-akan menggerakkan kepalanya mengikuti kita. Ternyata itu karena pengaruh hologram dan cara pembuatan dengan prinsip cekung, berkebalikan dengan pembuatan papercraft pada umumnya yang menggunakan prinsip cembung.

Lalu, kenapa dengan acara Deddy Corbuzer? Gara-gara lihat acara itu jadi teringat beberapa hasil karyaku dan my brother. Jadi, sekitar 6 bulan yang lalu, saat adikku udah masuk liburan panjanggg sebelum akhirnya masuk kuliah, dia kebingungan cari kegiatan. Main udah sampai bosen, liat tivi mata udah sampai jereng, akhirnya searching lah dia ke pakde google, nemuin banyak sketch untuk buat papercraft (papercraft adalah pengembangan dari origami, yaitu seni menghidupkan kertas dengan teknik melipat, menggunting, menempel dan membentuk) gratis yang bisa di download. Mulai dari yang mudah sampai yang sulit juga ada. Bentuk bus menjadi pilihan pertama yang ia buat (haha secara bentuk bus cuma kotak ajeee..). Melihat dia asik bikin papercraft, aku jadi tertarik ikutan searching macem-macem tokoh kartun. Lucu kalau ingat itu, setiap online yang dicari selalu bla bla bla papercraft, mulai dari hello kitty, doraemon, batman, superman, spongebob, sampai gundam. 

Semenjak dia keranjingan papercraft, ruang tamu selalu amburadul penuh kertas campur lem yang berserakan si segala penjuru. Akhirnya aku ikutan keasyikan bikin juga, malahan setelah dia berhenti buat dan hanya sibuk ngumpulin download sketchnya, aku masih terus buat yang lucu-lucu dan unyu-unyu. Setelah terkumpul lumayan banyak, dan kami tergerus dengan aktivitas lainnya, kegiatan membuat papercraft stop begitu saja. Berikut hasil tokoh-tokoh yang kami buat papaercraftnya


beberapa koleksi papercraft kami..
Kalau ditanya mana yang menjadi favoritku (hmm ada yang nanya ya emangnya?? hehe), favoritku ada dua; doraemon dan pengantin jepang. Doraemon bentuknya disitu memang gak perfect, tapi itu jenis yang cukup sulit untuk dibuat. Sedangkan pengantin jepang aku suka karena detail bagian-bagiannya. Kalau adikku memfavoritkan batman karena emang rumit buatnya, dan untuk mendapatkan skatchnya tu susah sekali waktu itu.

Keasikan merangkai papercraft ada pada perangkaian masing-masing bagian dan juga pemotongan kertasnya. Dikarenakan pemotongannya menggunakan cutter, harus diketahui teknik memegang cutternya agar tidak merusak kertas dan jadi keriting hasilnya. Setelah itu, proses penempelannya juga harus sabar, karena  terkadang bagian-bagian yang kecil sulit untuk saling menempel. Nah itu serunya, guys.. Ada yang berminat mencoba? Skatchnya banyak beredar di pasaran mbah google, banyak yang gratis juga, kok. Selamat mencoba.. ^^

mana favoritmu?
gambar diambil dengan Kodak Pro-DSLR Z981

0 comments:

my favorite song