Berprasangka Baik Saja

Tuesday, November 20, 2012
Baru saja membaca update'an tulisan di blog milik kawan tentang pengalamannya di tahun baru Hijriyah beberapa hari lalu, intinya bahwa manusia dapat merencanakan segalasesuatunya tapi Tuhan yang menentukan. Gara-gara itu jadi ingat pelajaran berharga beberapa tahun lalu yang sampai sekarang jadi teringat terus. 

Waktu itu masa sibuk-sibuknya kuliah dan praktikum. Berangkat dari rumah 06.30 pagi karena harus masuk jam 07.00. Hari itu sudah mulai berprasangka yang tidak-tidak di jalan karena kurang siap mengikuti pre-test praktikum histologi (test singkat yang diadakan sebelum praktikum dilaksanakan dan harus lulus pretest jika ingin ikut praktikum hari itu). Benar saja, lamunan baru hilang, JEGREGGG... uadooohhh, suara apaan tu? Ternyata bagian standar motorku ngegesrek (bahasa indonesianya apaan ea?? terdores dengan kencangnya mungkin ya..) polisi tidur gara-gara aku gak cermat liat jalan. Parah banget hasilnya, tempat pijakan kaki jadi penyok (duh apaan lagi ni bahasa indonesianya..) dan tidak berfungsi. Untung kejadianya udah deket kampus. Boro-boro ke bengkel, hari itu jadwal kuliah padet banget sampai sore.

Sampai kampus malu diliatin orang gara-gara kaki ku yang satu harus berpijak di bagian bodi motor bagian depan bawah stang. Hajar bleh.. Salahnya adalah, aku berprasangka begini dalam hati "Duh, sial banget si pagi-pagi udah dapat cobaan kayak gini, jangan-jangan ntar kejadian gak enak lagi ni hari," prasangka buruk banget, ya.. Ya, alhasil bener tu prasangka. Baru praktikum pertama di hari itu udah kelabakan dan banyak salah. Dimarahin dosen pula. Selama dimarahin, kelabakan dan morat-marit, ni hati masihh aja berprasangka buruk sama Allah. Jangan-jangan ntar gak lulus pretest dan harus pulang gak ikut praktikum hari ini. Huaaa parah ni hati ane. 

Tarata rara.. Kesampaian tu prasangka. Pertama kali (dan terakhir kalinya sih) gak lulus pretest dan terpaksa pulang dengan wajah malu gak boleh ikutan praktikum hari itu. Nyesek banget deh hati rasanya. Seperti bertubi-tubi dapat cobaan dalam sehari itu. Semua itu karena aku gak bisa mengendalikan pikirannku. Aku berburuk sangka terhadap apa yang akan terjadi hari itu. Pernah juga pengalaman dijalan raya lagi asik-asiknya naik motor, ehh ni pikiran iseng bener nyerempet-nyerempet "wah, dah lama ya ban motor gak bocor tiba-tiba dijalan," settt dah,, buruk banget kan prasangkanya. Langsung dah kejadian, ban bocor gak bisa ditambal mesti ganti ban pula. Jiahhh nyesekkk. Sejak saat itu, kalau pagi-pagi udah dapat cobaan, langsung keinget pengalaman pahit itu dan jadi langsung istigfar dan mohon sama Allah agar selalu diberi kelancaran di waktu-waktu kedepan.

Mencuplik ilmu dari blog tetangga.. ( http://ratnawatiutami.wordpress.com/ )


Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa Allah berfirman:
Aku sesuai prasangka hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku akan bersamanya selama ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya maka Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam sekumpulan orang maka Aku akan mengingatnya dalam sekumpulan yang lebih baik dan lebih bagus darinya. Jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkal maka Aku akan mendekat kepada-Nya satu hasta, jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat kepadanya satu depa, dan jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya dengan berlari (HR. Bukhari dan Muslim) 



 Yuk selalu berprasangka baik kepada Allah SWT.


diambil dari www.favim.com dengan editing

4 comments:

{ ajisakajawa } at: December 1, 2012 at 3:00 AM said...

nice share mbak...
kmrn pas ujan lebat ane juga sempet kena paku 1, baut 1. akhire yo nyiup sambil ngobrol ma tukang giling padi keliling,hehehe...pas mau ditambal, ternyata sobek mpe sktr 3 cm,xixixi...ganti ban deh...

ngegresek tu bhs indonesianya...ngegresek juga mbak,hehehe...
kalo pijakan kaki=footstep mbak,

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: December 1, 2012 at 3:27 AM said...

makasih mas,, ini kan dapat inspirasi dari njenengan mas.. iya mas, dan semua pasti ada hikmahnya ya.. hehe sabar-sabar..

wiwiwiwi.. sip.. betul juga, footstep, hehe

{ ajisakajawa } at: December 1, 2012 at 5:13 PM said...

wiwiwiwi...
skrng kalo kasih komen gak harus masukin uang logam lagi...^_^

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: December 1, 2012 at 6:39 PM said...

wah jadi dari kemaren2 udah berapa juta mas njenengan habis buat komen di blog ku? hehe

iya, settingan ganti dewe ki mas.. hehe

my favorite song