Cerita Burung Gereja

Friday, November 16, 2012
Masih ingat foto burung gereja yang beberapa waktu lalu saya posting? Kemarin saat mendung sudah mulai menebal di antara siang, saya sengaja keluar rumah dan beranjak ke depan untuk memperhatikan gerak-gerik mereka. Ternyata jumlahnya banyak sekali dan bertengger di kabel dan kawat-kawat besi di bawah genteng gedung perkantoran berlantai 3. Sepertinya selama bertahun-tahun tempat itu menjadi basecamp terbaik buat mereka. Sesekali mereka mampir dan melesatkan sayapnya ke arah halaman depan rumah yang hanya berjarak 5 meter dari gedung kantor. Numpang minum, cari makan atau sekedar leyeh-leyeh. Jika suasana sudah terasa seperti ini, sebentar lagi hujan turun deras, mereka sering berbondong-bondong datang dan pergi dari gedung itu, entah juga apa artinya...

Santai
beberapa bertengger santai di bawah atap lantai 3 gedung perkantoran


Berjemur Lebih Rendah
berjemur di pijakan yang lebih rendah
Santapan Gratis
singgah sebentar mematuk nasi yang sedang dikeringkan
Melamun
menyempatkan menatap jauh kedepan seperti gaya orang memikirkan sebuah harapan...
Ngobrol Berdua
memilih berbincang berdua saja..
Bertengger Tanpa Atap

di kawat di atas genteng juga banyak... mungkin sedang menikmati suasana mendung
Formasi Berjejer 
ternyata jumlahnya sangat banyak
silih berganti bertengger, terkadang hanya mengepakkan sayap
Berkicau di Udara
saat mereka bersama beterbangan, silih berganti dengan kawannya tampak sangat indah..
Saat burung-burung itu silih berganti bertengger lalu terbang secara serempak di udara, semua berkicau saling bersautan riuh. Cantik sekali, paduan suara mereka juga merdu dan menenangkan. Sayangnya kamera dan kemampuan saya kurang memadai mengambil gambar yang bagus saat kejadian terbang bersama-sama itu terjadi. Akan saya coba lagi lain kali.  

Pikiran dangkal saya menganalisa, burung gereja begitu banyak masih betah bertengger bertahun-tahun di lingkungan saya, berarti udara di sekitar sini masih baik, masih mampu membuat mereka bertahan ditengah isu polusi udara yang merajalela..

2 comments:

{ ajisakajawa } at: November 19, 2012 at 6:14 AM said...

tanya mbak...
knp namanya burung gereja??
bkn burung mesjid, kuil, wihara, ato burung klentheng gitu?
*hayooo...bs jawab gak?^_^

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: November 20, 2012 at 2:08 AM said...

soalnya thu burung2 dateng dari arah barat rumah.. nah di sebelah barat rumah emang adanya gereja.. kl datengnya dari timur pasti burung masjid.. (ngawur.com)

gak tau mas.. burungnya tadi pas tak tanya juga gak trima.. ternyata namanya Sparrow.. sparrow pere' sparrow lekong cinnn...
haha

my favorite song