Pernah Siaran Radio..

Tuesday, November 13, 2012
Udah lama sekali gak ndengerin radio. Denger radio cuma pada tiga moment saja; saat nyetrika baju biar gak bosen, saat insomnia menyerang dan ikutan naek mobil temen yang suka denger radio sembari nyetir. Selebihnya bisa dibilang gak pernah dengerin radio. 

Siang menjelang sore saat peluh mulai membasahi badan yang sedang nyetrika segunung baju di sudut garasi.  Huh, selalu terjadi nih yang namanya kepanasan gara-gara nyetrika di garasi. Sambil kipas-kipas dengan tangan kiri, tangan kanan sibuk cari tune siaran radio yang menarik. Heran sama station yang siang-siang panas gini puter lagu-lagu berirama keras dan heboh... ganti.. crrrkkk crkk.. Sampai di station yang masih setia muterin tembang-tembang campur sari... gantiii.. karena gak ngerti dengan bahasanya dan cenderung bikin ngantuk... crrrkkk.. crkkk.. Mampir di station milik pemerintah, RRI. "Ya, adik-adik yang sedang liburan selamat menikmati lagu-lagu berikut ini ya ditemani Kak Mawar (Mawar bukan nama bunga tapi nama samaran.. hehe), jangan lupa untuk mengerjakan PR yang belum terselesaikan," hoo siaran lagu-lagu dan kirim salam untuk anak-anak rupanya. 

Jadi ingat pengalaman waktu SD. Kalau gak salah pengalaman saat kelas IV dan V SD. Sekolahku, SD Jetisharjo I dapat kesempatan rutin untuk melakukan siaran di RRI. Menyajikan berbagai kreasi seperti menyanyi, membaca puisi, drama radio juga ada. Aku sempat terpilih dua kali untuk ikut siaran di RRI. Lucunya, yang bikin senyum-senyum sendiri saat ingat realita kalau siaran radio offair yang kita lakukan itu cukup panjang waktunya, hampir 2 jam tapi saat ditayangkan mungkin cuma setengah jam saja, gokilnya lagi kami latihan selama hampir sebulan, hehehe. 



Aku pernah ikut serta kelompok paduan suara dan pernah membaca puisi tunggal juga, lho... (agak narsis nih). Wuih, pengorbananya untuk ikut siaran yang tayangnya cuma 30 menit itu dahsyat juga. Dari mulai deg-degan saat guru mengumumkan siapa saja yang ikut serta siaran (karena gak semua siswa ikutan), sibuk ijin pelajaran karena harus menentukan lagu yang akan dinanyikan, pulang sampai sore karena harus latihan paduan suara dengan guru vokal khusus yang di sewa sekolah dan membagi suara jadi 3 (paling susah nih untuk bisa fokus sama nada bagianku, karena emang gak punya basic penyanyi atau pengetahuan tentang membaca note), latihan membaca puisi yang benar sampai-sampai ingin nangis karena dibentak-bentak pak guru yang melatih baca puisi, sampai sibuk cari hari pengganti ulangan harian karena seringnya ijin pelajaran gara-gara latihan. Hosh hosh hosh.. Kalau dipikir-pikir gokil juga ya, agak gak sebanding dengan realisasinya. Tapi ya seperti itulah dunia hiburan. Jadi teringat Agnes Monica yang latihan berbulan-bulan untuk sebuah penampilan yang mungkin gak lebih dari 2jam. Semua itu berjudul P.R.O.S.E.S. (hehe, malah ceramah).

Setelah siaran kelar dan kami semua lega, waktu pembuktiannya ada di hari dimana hasil siaran offair kita akan diputar. Hari H diputarnya siaran, dari pagi di sekolah kami sudah heboh saling mengingatkan jangan sampai ada yang kelewatan, sampai di rumah langsung ngesetting tune tepat di station RRI, heboh nelponin temen yang sama-sama siaran sambil ngebahas hal-hal gak penting, pas jam mainnya sekeluarga duduk manis mendengarkan suara "merdu" kami sambil berceloteh mengomentari. Sayangnya di jaman itu belum usum yang namanya hp, kamera atau recorder, jadi kami semua gak ada yang punya file memorinya, dan proses siaran yang melelahkan itu benar-benar hanya diputar satu kali tanpa kami pernah mendengarkannya lagi... zinggg..

Pengalaman siaran radio di masa SD itu sungguh jadi memori yang indah dan gak akan terlupakan. 

4 comments:

{ ajisakajawa } at: November 14, 2012 at 9:14 PM said...

wiwiwiwiwi..trnyta mantan presenter jg...^_^ eh, bkn presenter ding, lbh tepat penyanyi ya mbak?ikut sleman idol mbak...hehehe...

btw, ane bc komen2 disebelah kanan tu kok banyak yang dr malaysia ya?
proses remote sensing njenengan mantappp mbak mpe mnjangkau malaysia...^_^

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: November 14, 2012 at 9:54 PM said...

hedeh mas, suaraku cm oke pas SD itu, habis SMp sampe sekarang dah pudar mas suaraku, hahaha...

iya thu mas, ada lawatan2 gt, ak juga gak ngerti, kan emg blogspot yang banyak make org malaysia.. hoho, mana gak bisa di hapus lagi thu.. suka ada yang iseng je komennya.. hoho

{ ajisakajawa } at: November 14, 2012 at 10:25 PM said...

pudar ya mbak???kebanyakan detergen kali mbak..kalo njemur di angin2kan aja mbak..jangan langsung kena sinar matahari mbak.. yah, meskipun matahari sekarang lagi diskon gede2an sih,hehehe...

pantesan ane baca kok bahasanya malaysie gitu deh...

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: November 14, 2012 at 10:39 PM said...

haha.. udah ke matahari mas? kok tau banget.. ada yang 10rb dapet 3 kayak pameran buku gt gak? hehe..mau kl ituu

iya ig mas, mereka lebih eksis di blogspot..

my favorite song