"Buanglah Sampah pada Tempatnya", Gan

Tuesday, January 15, 2013
#2

Masih ingin mensosialisasikan kepedulian kita untuk mulai membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Saat blogwalking beberapa waktu lalu, ketemu satu blognya anak design yang salah satu postingannya juga tentang iklan layanan masyarakat bertemakan kepedulian lingkungan dan saya diijinkan ikut mensosialisasikannya. 

http://archiartwork.blogspot.com/2012/12/poster-iklan-layanan-masyarakat-1.html
Perumpamaan yang disampaikan dalam poster tersebut menurut saya cukup menarik. Pembuat poster ingin mengajak kita untuk disiplin membuang sampah pada tempatnya, karena jika kebiasaan membuang sampah pada tempatnya diterapkan, kota akan bersih dan nyaman (gambaran kota di dalam tong sampah yang indah), dan sebaliknya jika kita sembarangan saja membuang sampah hasilnya adalah kota yang tenggelam (gambaran kota diluar bak sampah yang terendam air bah).

Bukankah membuang sampah pada tempatnya bukanlah hal yang sulit atau berat dilakukan, hanya butuh membiasakan diri, Mas Bro dan Mbak Sist, tapi kenapa ya masih banyak yang dengan sengaja meninggalkan sampahnya secara sembarangan. Sering banget bertemu yang kayak gitu di jalan raya, terutama pengendara roda empat yang sedang meluncur dengan kecepatan tinggi, tiba-tiba kaca mobil yang semula tertutup rapat mulai terbuka sedikit dan werrrrr.... segala macam sampah meluncur ke udara lalu kaca tertutup kembali. Hedeh.. Bukankah kelakuan semacam itu sama sekali gak sepadan dengan life style-nya? 

Yuk, membiasakan diri buang sampah pada tempatnya, Gan!

thanks inspirasi gambarnya, mas Archi Imajiner

2 comments:

{ ajisakajawa } at: January 16, 2013 at 4:53 PM said...

siap laksanakan...!!!
kalo di LN sono, konon kabarnya buang sampah sembarangan bisa kena denda yang muahal banget. makanya di negara2 maju ampahnya bisa terkelola dengan baik, kotanya juga jadi bersih dan enak dipandang mata..

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: January 17, 2013 at 2:01 AM said...

yupp.. kayak di belanda thu katanya dari balita orang tua sudah menanamkan pada anaknya untuk buang sampah pada tempatnya dan menekankan bahwa buang sampah sembarangan adalah perbuatan kejahatan.. wkwk beda banget ma di negara kita ini..
kl yang buang sampah sembarangan dikenai denda bisa kaya raya negara kita.. hehe

my favorite song