Suka (Banget) Sama Pepaya

Saturday, January 26, 2013
Buah yang satu ini cukup sering ada di rumah. Selain karena harganya yang relatif murah, kami sekeluarga juga sangat favorit dengan si buah pepaya. Buah favorit Pak Christoper Colombus ini kalau disajikan dingin makin enak dan segar. Tidak semua orang sepertinya suka atau doyan dengan buah pepaya. Beberapa temanku menganggap buah yang mengandung antioksidan ini kurang enak dan merusak selera karena baunya yang khas dan agak langu. Teksturnya sendiri juga lembek-lembek gimana gituu, tapi entah kenapa aku suka-suka aja ma ni buah. 

buah pepaya laziz pisan euy..
Kalau menurut beberapa literatur, disebutkan manfaat pepaya seabrek, man! Paling populer, sih sebagai bahan produk kecantikan. Dari mulai shampo, sabun, masker, lulur, semua ada yang dibuat dari pepaya. Soalnya si buah tropis ini memang dipercaya mampu mengatasi ketombe, menghaluskan dan mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat, membuka pori-pori kulit dan melarutkan sel-sel mati (ouch, aku dah makan banyak-banyak pepaya tapi kok belum kinclong, ya? hehe). 

Keluarga kami begitu "tergila-gila" dengan buah asal Meksiko ini karena pepaya juga mampu mengatasi masalah pencernaan terutama konstipasi (ups). Eit, tapi emang bener banget kok kalau sedang mengalami konstipasi, dan enggan mengkonsumsi obat pencahar, mending beli pepaya banyak-banyak, guys. Dijamin dalam beberapa hari masalah konstipasi akan teratasi. Hal itu dikarenakan kandungan enzim papain dalam pepaya yang merupakan enzim pencernaan alami yang mampu mengatasi sembelit.

Sumber lain mengetakan manfaat lain buah pepaya adalah mengatasi morning sick pada wanita hamil. Dengan mengkonsumsi secara teratur buah pepaya dapat mengatasi rasa mual pada wanita hamil. Kalau yang satu ini belum tahu kebenarannya, soalnya belum pernah hamil, xixixi.

Untuk yang ingin mengkonsumsi buah bernama latin Carica, tapi tidak suka dengan bau atau rasanya mungkin bisa coba tips dari pakdeku. Dia suka mengucurkan perasan jeruk nipis diatas pepaya yang telah dikupas dan dipotong kecil-kecil, lalu menaburkan gula pasir. Simpan dalam kulkas hingga benar-benar dingin, barulah disantap (slrppp seger banget kayaknya, hehe). Mungkin dengan begitu rasanya akan lebih bisa diterima.

0 comments:

my favorite song