Pastel Nekat Persahabatan

Saturday, January 26, 2013
Pastel persahabatan? Sebenarnya ini jenis kudapan pastel yang biasa kita makan, hanya saja waktu itu mencoba bikinnya sama sahabat saya yang juga penggemar pastel. Dengan bahan minimalis yang kita punya, akhirnya terealisasi nih masak pastel isi sayuran. Sebenarnya sih searching resep udah jauh-jauh hari, tapi kami gak pede mau langsung cuss buat gara-gara pengalaman buruk beberapa waktu lampau. Dulu kami pernah mau bikin donat dengan bahan minimalis juga, tapi gagal bikin adonannya. Udah di uleni sampai super lamaaaa adonan tetep gak bisa kalis. Usut punya usut kami melewatkan beberapa bahan penting, hehehe. Gara-gara itu kami jadi takut mau mulia membuat pastel, karena bikin pastel juga musti bikin kulit luarnya. 

Hari itu kegejean membuat kami berani memutuskan untuk membuat pastel, belanja sayuran dan bahan-bahan and then lanjuuttt masak.. Sebenarnya foto-foto pastel buatan kami sudah pernah di share di facebook, tapi ini pengen berbagi resep juga buat all of you, friends.. (jadi kayak Cinca Laoura gini ngomongnya, hehe).




Yuk langsung ke resep membuat pastel..
bahan kulit
  • tepung terigu               --250 gram
  • garam                          --secukupnya
  • mentega                       --50 gram
  • kuning telur ayam       --2 butir
  • air                                --secukupnya (kami menggunakan air biasa, bukan air es)
cara membuat kulit pastel

panaskan mentega hingga leleh, lalu campur dengan sedikit garam. siapkan tepung terigu yang sudah diayak, lalu campurkan dua buah kuning telur ayam + air sedikit demi sedikit hingga terbentuk adonan yang bertekstur padat (bukan cair). setelah mulai rata campurkan mentega yang telah dilelehkan. uleni hingga adonan kalis.. untuk mendapatkan adonan yang kalis tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama, kok. 


setelah adonan siap, siapkan:
  • tepung terigu
  • gelas dengan permukaan rata
bagi adonan dalam ukuran yang sama sesuai selera. bentuk adonan kecil-kecil tadi menyerupai bola, lalu gilas dengan gelas diatas permukaan yang datar dan telah di beri taburan tepung agar tidak lengket hingga adonan menjadi pipih dan bulat. perhatikan ketebalannya, jangan terlalu tebal agar saat digoreng matang, dan jangan terlalu tipis agar tidak bocor isinya. sisihkan 


bahan isi
  • bawang putih           --cincang lembut
  • bawang merah         --cincang lembut
  • wortel                      --secukupnya,iris kotak, 
  • kentang                    --secukupnya, rebus lalu haluskan seperti membuat perkedel
  • daun bawang           --secukupnya
  • bawang bombai       --1 siung, cincang halus
  • telur rebus                --2 butir, bagi sesuai selera
  • tepung maizena        --2 sendok
cara membuat isi
panaskan minyak goreng secukupnya, tumis bawang putih, bawang merah  dan bawang bombai sampai harum. masukkan irisan wortel dan daun bawang (lebih enak jika ditambahkan suwiran ayam :p). setelah layu masukkan adonan kentang yang telah dihaluskan. beri garam, gula dan merica sesuai selera. setelah matang masukkan tepung maizena yang telah di encerkan. tunggu kembali hingga matang. sisihkan

cara membuat bentukan pastel
ambil adonan yang telah dipipihkan, lalu ambil 2 sendok isi-an letakkan di tengah adonan. tambahkan irisan telur rebus. lipat adonan yang berbentuk lingkaran menjadi setengah lingkaran. untuk membuat ulir pastel cukup cubit ujung-ujungnya ke arah dalam lalu rekatkan. bila kesulitan bisa juga menggunakan garpu, cukup ditekan dengan garpu bagian ujungnya. siap di goreng. 

hasilnya setelah digoreng, pemirsa sekalian.. tarararaaaa..

pastel buatanku dan ce Dian.. ^^

Selamat mencoba, pemirsa sekalian... 

2 comments:

dian du dian at: January 27, 2013 at 12:06 AM said...

mantaap..
pengeeeennn...

{ Yena Ruktianawati Nuswantari } at: January 27, 2013 at 2:54 AM said...

hehe, makasih sudah mampir kak dian du dian.. hehe

hayook.. ajari aku bikin kroketttt

my favorite song